18 Januari 2011

PLN Jonggol Perangi Pencurian Listrik

Jonggol - Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) PLN Jonggol pada 2010 berhasil menekan angka pencurian listrik menjadi 13 persen. Angka tersebut merupakan peningkatan bila dibandingkan 2009 dimana tingkat pencurian listrik mencapi 29 persen. Penakanan tersebut dilakukan di wilayah kerja UPJ PLN Jonggol yang meliputi Kecamatan Jonggol, Sukamakmur, Cariu, Tanjungsari dan sebagian wilayah Kecamatan Klapanunggal serta Kecamatan Cileungsi 13 persen.
“Karena buka termasuk kawasan industri, kebocoran tersebut terjadi pada konsumen listrik perumahan, maka untuk menekan angka pencurian arus listrik, kami gencar melakukan sosialisasi kepada warga, bahkan mengambil tindakan tegas dengan melakukan operasi pemutusan aliran listrik,” ujar Manager PLN UPJ Jonggol, Suwargina kepada wartawan, kemarin.
Menurut Suwargina, pada 2011 ini, pihaknya menargetkan akan menekan angka pencurian tersebut hingga di bawah satu digit. Untuk merealisasikan target tersebut, pihaknya tidak akan mengambil resiko dengan memberikan kelonggaran kepada pelanggan yang kedapatan melakukan pencurian listrik. “Kami akan menindak dan memberikan denda denda sesuai dengan ketentuan bagi siapa pun yang kedapatan melakukan pencurian listrik,” ujarnya.
Sedangkan dari sisi pelayanan, lanjut Suwargina, pihaknya berkomitmen untuk melakukan perbaikan dan pengawasan terhadap sistem pelayanan jaringan. Hal itu, kata dia, sebagai upaya agar konsumen PLN tidak kecewa terhdap kinerja dan pelayanan PLN. Sejauh ini, lanjutnya, UPJ PLN Jonggol telah mendapat penghargaan untuk katagori terbaik pada gangguan jaringan menengah hingga mencapai nol persen. Penghargaan tersebut sudah diraih UPJ Jonggol selama tiga bulan terakhir ini.
“Penghargaan itu merupakan prestasi yang harus dijaga. Itu juga merupakan amanah yang harus dijaga melalui peningkatan kinerja dan pelayanan terhadap konsumen,”pungkasnya.

=Taofik Hidayat

Sumber : Jurnal Bogor

1 komentar:

akhir2 ini periode oktobr-nopember 2013..listrik setiap hari pasti ada padamnya..mati-nyala-mati nyala..kadang mati gan smpe 5 menit nyala lgi..trus mati lgi....parah...mohon petugas apa sebenarnya penyebab nya..???

Posting Komentar