14 April 2012

Orang terkenal di Jonggol


Berikut ini adalah daftar orang – orang terkenal di Jonggol dengan profesi yang berbeda – beda, ada yang sampai saat ini masih sehat wal afiat maupun sudah mendahului kita, dan orang – orang terkenal itu adalah :

1. Mpek Lik Yan

Ngga tau bener atau ngga nih nulisnya, tapi klo anda mengalami masa kecil di Jonggol, anda pasti pernah bertatapan langsung dengan sosok yang satu ini. Profesinya adalah *jreng – jreng* tabib atau Mpek dalam bahasa tionghoa ( ga ada hubungannya sama makanan asal palembang lho ). Iya, tidak lain dan tidak bukan, dialah musuh dari segala penyakit. Jika anak anda terkena penyakit, susah makan, ingin gemuk, ingin kurus, jangan ragu – ragu mpek yang satu ini dapat menghilangkan rasa gelisah para orang tua. Sebagai tanda telah ditangani olehnya ( istilahnya jaman dulu adalah di cekok ) para balita akan dipasangi kalung warna hitam yang mirip dipakai oleh pendekar – pendekar seperti Jaka Sembung. Wuih klo Jaka Sembung aja jadi sakti madraguna memakai kalung itu, apalagi anak balita yang cuma cacingan hihi....cacingnya pasti kabuuuurrr...

2. Ko Encang
Inilah tokoh kedua kita, profesinya adalah sebagai pedagang segala macam barang, dari mulai bola sepak, baju, robot-robotan, mobil tamiya, makanan sampai menerima pasang senar raket ( wuih lengkap banget kan tuh ). Nama toko yang di kelolanya ini bahkan nyaris tak ada orang yang mengingatnya ( atau cuma gw aja kali yang ga pernah perhatiin tulisan di atas tokonya ), tapi klo udah disebut nama Ko Encang semua orang pasti tahu, pokoknya pada masa itu, klo butuh apa – apa pasti Ko Encang siap menghadirkannya ke hadapan anda. Mau beli permen pop rock...Ko Encang...mau beli tamiya...Ko Encang...aduh, senar raket gw putus nih, tenang....kan ada Ko Encang...!!!

3. Ko Gigih
Tokoh yang sangat berpengaruh bagi perkembangan musik di daerah Jonggol.
Emangnya dia vokalis band ? bukan !
gitaris ? bukan !
bassis ? bukan !
hmmm...drummer kali ya ? bukan juga !
oh, gw tau, pasti dia produser, iya kan ? wah, apalagi itu, bukan...bukan !
*mikir* hmm guru vokal ? pemain rebab ? tukang suling ? punya group organ tunggal ? anggota boyband ? nyerah ya....pokonya semuanya bukan !
ini bukan, itu bukan, kayanya udah gw sebutin semua deh, klo semua yang tadi disebutin bukan, nyerah deh, sebenernya Ko Gigih itu profesinya apaan sih ?
beneran mau tau ?
*jreng –jreng musik kaya mau pengumuman pemenang undian berhadiah 1 buah payung cantik*
Ko Gigih itu jualan kaset !!! ( gubrak *mirip film mandarin yang dibintangin stephen chow badan jatoh kaki di angkat ke atas sambil kelojotan* ).
Yupp, coba bayangin kalo ga ada Ko Gigih, dari mana kita bisa dapetin kaset Ikang Fawzi, Ahmad Albar, ato Gito Rollies.....masa harus pergi ke Jakarta demi beli kaset yang harganya palingan cuman Rp 3.500 doang, kemahalan di ongkos dong.

4. Mantri Kosim / ciing
Ajaib....semua penyakit yang di derita sama warga Jonggol bisa disembuhin. Makanya tiap ada yang punya keluhan dengan kesehatan bukan dokter yang di tuju, bukan rumah sakit yang di buru, tapi rumah mantri kosim / ciing yang jadi tumpuan harapan akan kesembuhan. Namanya memang cuma mantri, tapi masalah kehandalan dalam mengusir penyakit sudah tak diragukan lagi hingga ke manca negara ( klo ini sih jelas berlebihan ). Menangani penyakit mulai dari batuk, pilek, bengek, hipertensi, sampe nyunatin bocah dengan tangkas bisa dikerjakannya. Mantaff ngga tuh ?!

5. Bidan Emma
Kayanya semua orang Jonggol dari tahun 80an sampe kurun waktu 20 tahun setelahnya lahir berkat bantuan tangan dingin dari bidan emma deh. Konon bidan emma adalah bidan pertama di dunia ( hihi....berlebihan lagi nih ). Sosoknya yang hangat dan keibuan membuat ibu – ibu hamil pasrah untuk menggantungkan nyawa mereka ketika menjalani proses persalinan di tangan bidan yang satu ini. Walaupun saat ini banyak bidan bertebaran di mana – mana, bidan emma tetaplah yang utama. Sampai sekarang dia tetap menjadi bidan rujuk bagi seluruh bidan di dunia *wak..wawwww...*.

6. Bah Kek Lam
Bayangkan rumah yang sudah di bangun dengan jerih payah tapi masih belum ada isinya, ya maksudnya belum ada kursi, lemari, kasur, de-el-el. Pasti pusing kan ? bagi warga Jonggol hal ini bukan menjadi suatu masalah besar. Jika anda memiliki urusan dengan furniture hanya satu nama yang patut di percaya, dialah Bah Kek Lam. Pelopor di bidang furniture ini dipercaya untuk melengkapi rumah warga di sekitaran Jonggol. Harga yang ditawarkan pun cukup bersaing ( jaman dulu bersaing sama siapa ya ? kan cuma dia satu-satunya yang jualan furniture ), ya bahasa gampangnya sih, murah meriah lah. Koleksinya mulai dari lemari disko *itu loh lemari yang di atasnya ada lampu buat nerangin pas kita ngaca – mirip sama lampu disko*, sofa, kursi plastik, kasur sampe kursi taman. Tinggal pilih sesuai selera, bawa uang, nego – nego dikit, bayar, dijamin bah kek lam akan membuat rumah anda penuh sesak. Hihi......

7. Ko Pipih
Yamaha boleh saja mengklaim sebagai raja baru motor 4 tak. Tapi hal itu tak berlaku di Jonggol. Yang namanya raja motor bukan yamaha, bukan honda, apalagi kawasaki....Loh emang ada raja yang lain ya ? betul, ada raja dari segala raja.....dialah Ko Pipih *jreng – jreng kaya bumpernya walt disney* Gimana ngga jadi raja, lah rajanya motor 4 tak aja dia jual – jualin * hihi..garing*. Betul sekali, jika warga Jonggol yang baru dapet pinjaman dari rentenir, baru cair pinjaman dari BRI, baru dapet warisan, baru jual tanah mertua terus ngebet banget pengen nyemplak motor model terbaru, pasti yang di tuju adalah rumah Ko Pipih yang berkibar dengan bendera Prihatin Motor *ck..ck..ck..prihatin aja begitu, gimana klo makmur ya hihi..*. kesaktiannya bergaung sampai ke seluruh pelosok nusantara, bahkan sampai hari ini. Konon saking banyaknya motor yang dia jual, sampe dia harus menyewa peti kemas di pelabuhan untuk menampung motornya yang jumlahnya ribuan itu.....gile benerrrrr....!!!

4 komentar:

jadi inget pas pertama kali beli mobil-mobilan Tamiya, belina di toko KO ENCANG!!!

gekgek

qkqkqkqkkq.......bs aja deh yg bikin artikel,tp bnr loh siapa seh yg kagak knl sma beliau'' d atas itu..!!

Klu bener ini semua org kaya,saya tantangin bantu saya yang hanya butuh 3 juta untuk operasi istri.Hubungi saya 085210250684

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar